LSB STEGANO PADA KOMBINASI KRITPOGRAFI SIMETRIS CAESAR-VIGENERE

Ibnu Utomo Wahyu Mulyono(1*), Ajib Susanto(2), Yupie Kusumawati(3)

(1) Universitas Dian Nuswantoro
(2) Universitas Dian Nuswantoro
(3) Universitas Dian Nuswantoro
(*) Corresponding Author

Abstract

Dalam perkembangan teknologi komunikasi data, dan banyaknya problem mengenai manipulasi data maka perlu tindak lanjut mengenai teknik untuk mengamankan data. Steganografi adalah sebuah teknik untuk menyembunyikan pesan dengan menggunakan sebuah media atau juga disebut cover. Sedangkan LSB (Least Significant Bit) adalah sebagai algoritma atau metode menyembunyikan pesan yang akan disisipkan. Seperti pada perangkat keamanan lainnya, steganografi dapat digunakan pengamanan seperti citra dengan watermarking dengan alasan untuk perlindungan copyright. Metode LSB yang digunakan pada teknik steganography tergolong mudah pada penerapannya. Dasar dari metode ini adalah bilangan berbasis biner atau dengan kata lain angka 1 dan angka 0. Metode LSB berhubungan dengan ukuran 1 bit dan ukuran 1 byte. 1 byte yang terdiri dari 8 bit data. Dalam penelitian ini penulis menggabungkan metode LSB dengan Teknik Super Enkripsi kriptografi metode Caesar Cipher dan Vigenere Cipher. Kontribusi yang diberikan pada peneliitan ini adalah mnelakukan proses LSB pada bit ke 7 dan ke 8 sehingga impercepibility meningkat. Dari hasil penggabungan metode antara LSB dan kriptografi akan sulit dipecahkan, karena memiliki dua tingkat keamanan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pengamanan pesan menggunakan kriptografi dan steganografi terbagi menjadi empat, yaitu Encode, Decode, Enkripsi dan Dekripsi. Tujuan utama untuk mengamankan subtansi data rahasia dengan cara menyamarkan dengan sebuah media agar sulit untuk teridentifikasi.

Keywords

LSB; kriptografi; stegano; cipher

Full Text:

PDF

References

Bhaudhayana, G. W., Widiartha, I. M. 2015. Implementasi algoritma kriptografi aes 256 dan metode steganografi lsb pada gambar bitmap. Jurnal ilmu komputer Universitas Udayana, 8(2): 15-25.

Handoyo, A. E., Rachmawanto, E. H., Sari, C. A., Susanto, A. 2018. Teknik Penyembunyian dan Enkripsi Pesan pada Citra Digital dengan Kombinasi Metode LSB dan RSA. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 6(1): 37-43.

Mandal, S. K., Deepti, A. R. 2016. A Cryptosystem based on Vigenere cipher by using mulitlevel encryption scheme. International Journal of Computer Science and Information Technologies, 7(4): 2096-2099.

Soofi, A. A., Riaz, I., Rasheed, U. 2016. An enhanced Vigenere cipher for data security. International Journal of Scientific & Technology Research, 5(3): 141-145.

Sari, C. A., Erawan, L., Rachmawanto, E. H., Permana, T. S. 2017. An Enhancement of One Time Pad Based on Monoalphabeth Caesar Cipher to Secure Grayscale Image. Journal of Applied Intelligent System, 2(2): 88-100.

Kester, Q. A. 2012. A cryptosystem based on Vigenère cipher with varying key. International Journal of Advanced Research in Computer Engineering & Technology (IJARCET), 1(10): 108-113.

Ilaga, K. R., Sari, C. A., Rachmawanto, E. H. 2018. A High Result for Image Security Using Crypto-Stegano Based on ECB Mode and LSB Encryption. Journal of Applied Intelligent System, 3(1): 28-38.

Karim, S. M., Rahman, M. S., Hossain, M. I. 2011. A new approach for LSB based image steganography using secret key. 14th International Conference on Computer and Information Technology (ICCIT 2011). 286-291.

Al-Husainy, M. A. F. 2011. Word-Based LSB Image Steganography. International Journal of Advanced Research in Computer Science, 2(6): 15-19.

Rachmawati, D., Hardi, S. M., & Pasaribu, R. P. 2019. Combination of columnar transposition cipher caesar cipher and lempel ziv welch algorithm in image security and compression. Journal of Physics: Conference Series 1339(1): 1-6.

Purnama, B., & Rohayani, H. 2015. A New Modified Caesar Cipher Cryptography Method With Legible Ciphertext From A Message To Be Encrypted. Procedia Computer Science, 59: 195-204.

Sari, C. A., Rachmawanto, E. H., & Kusuma, E. J. 2019. Good Performance Images Encryption Using Selective Bit T-des On Inverted LSB Steganography. Jurnal Ilmu Komputer dan Informasi, 12(1): 41-49.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.