Penataan Kembali Fasilitas pada CV X dengan Computerized Relative Allocation Of Facilities Technique

Ayu Anggraeni Sibarani(1*), Rasyid Arya Reswara Putra(2), Faiz Khoeril Anam(3), Nadia Illiyastia(4), Anggis Prasita Wahyu Pangesti(5), Suprianto Suprianto(6)

(1) Universitas Jenderal Soedirman
(2) Universitas Jenderal Soedirman
(3) Universitas Jenderal Soedirman
(4) Universitas Jenderal Soedirman
(5) Universitas Jenderal Soedirman
(6) Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

CV. X merupakan perusahaan yang bergerak di bidang peralatan rumah tangga, seperti sapu sorgum. Saat ini, kondisi line produksi yang terdapat pada perusahaan tersebut belum optimal dikarenakan terdapat beberapa tata letak stasiun kerja yang belum sesuai sehingga memicu adanya aliran bolak balik pada proses produksi. Oleh karena itu, untuk memperoleh tata fasilitas yang baik dan memperoleh jarak material handling yang efektif, maka diperlukan proses re-layout guna mengatasi permasalahan tata letak pada CV. X. Metode yang digunakan untuk re-layout adalah metode Computerized Relative Allocation of Facilities Technique (CRAFT). Metode CRAFT digunakan untuk menemukan rancangan tata letak yang lebih efektif dan efisien serta untuk meminimalkan ongkos material handling. Terdapat dua usulan tata letak yang diperoleh, yaitu pada tata letak 1 menghasilkan total biaya sebesar Rp 20.448 (dalam ribuan), sedangkan tata letak 2 menghasilkan total biaya sebesar Rp 20.448 (dalam ribuan). Sehingga tata letak usulan terbaik adalah tata letak usulan ke-2.

Keywords

Re-Layout; Improvement Algorithm, CRAFT

Full Text:

PDF

References

Putri, Risthia Erina dan Widodo Ismanto. PENGARUH PERANCANGAN ULANG TATA LETAK FASILITAS DI AREA AREA OPERASIONAL KERJA BERBASIS 5S UNTUK PENGAJUAN MODAL USAHA. Jurnal Dimensi. 2019;8(1):71-89.

Supriyadi, Dedi Setiawan, dan Dadi Cahyadi. Perancangan Ulang Tata Letak Pabrik Menggunakan Metode Algoritma Computerized Relative Allocation Of Facilities Techniques (Craft). Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya. 2019; 5(2): 75-80.

Yuliana, Lina, Evi Febianti dan Lely Herlina.Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang dengan Menggunakan Metode CRAFT (Studi Kasus di Gudang K-Store, Krakatau Junction). Jurnal Teknik Industri Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. 2016; 4(2).

Ristyanadi, B., dan Orchidiawati, N. Perancangan Tata Letak di PT. Aerowisata Catering Service dengan Menggunakan Metode CRAFT (Computerized Relative Allocation of Facilities Technique). Jurnal Media Mahardhika, 2019; 17(3):394-399.

Kuswardhani, Nita, Bertung Suryadharma, dan Muhammad Saka Palwaguna. Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi Dengan Metode Grafik Dan Metode Craft Di Ud. Primadona. Agrointek. 2021; 15(4): 1114-1127.

Qisthani, Nabila Noor, Ichsanny Aprilia Sitorus, Heny Agustina Lusianti. Perancangan dan Simulasi Tata Letak Pabrik Untuk Mengoptimalkan Biaya Material Handling Dengan Menggunakan Algoritma CRAFT dan Activity Relationship Chart Pada Industri Kerajinan Bambu. Journal of Industrial Engineering Scientific Journal on Research and Application of Industrial System. 2021; 6(1): 35-41.

Baladraf TT., Salsabila NSF., Harisah D., Sudarmini TR. Evaluasi Dan Perancangan Tata Letak Fasilitas Produksi Menggunakan Metode Analisis Craft (Studi Kasus Pabrik Pembuatan Bakso Jalan Brenggolo Kediri. Jurnal Rekayasa Industri (JRI).2021; 3(1):12-20.

Prakoso, I., Pratama, A.Y., Krisnawati, M. Perancangan Tata Letak Fasilitas Dengan Metode Systematic Layout Planning (SLP) Pada IKM Knalpot K4771NE Purbalingga. Jurnal Dinamika Rekayasa. 2022;18(2).

Patria, A. B. Perancangan Tata Letak Fasilitas Menggunakan Algoritma CRAFT untuk Meminimasi Biaya Material Handling. Performa: Media Ilmiah Teknik Industri. 2022; 21(2): 7-17.

Simanjuntak, R. A., Asih, E. W., & Winardi, F. USULAN PERBAIKAN TATA LETAK FASILITAS PRODUKSI KAYU OLAHAN MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART, CRAFT DAN FROM TO CHART. PROSIDING SNAST.2022: C10-17.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.