Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone Terhadap Pengemudi Sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial

Hasyim Asyari(1*), Febri Maulana(2), Katon Muhammad(3), Rani Aulia Imran(4)

(1) Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman
(4) Teknik Industri, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Sebagian besar kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh gangguan yang dialami oleh pengemudi saat menyetir disebut driving distraction. Jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 18.000 jiwa mayoritas disebabkan oleh driving distraction  salah satunya karena penggunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh driving distraction, berdasarkan distraction time, time traffic, jenis jalan, dan menganalisa penggunaan smartphone. Metode eksperimen yakni multilevel factorial desain dengan purposive sampling menggunakan driving simulator di laboratorium. Perlakuan yang diberikan yakni membaca pesan, membuka peta, dan membalas pesan. Berdasarkan hasil penelitian , pada kondisi jalan dengan 4 lajur kondisidan traffic off-peak (senggangsepi), penggunaan smartphone selama 10 detik beresiko kecelakaan rendah (mencapai 0%). Kondisi jalan dengan dua lajur dan traffic peak hour (sibuk), penggunaan smartphone selama 25 detik memiliki tingkat rasio terjadinya kecelakaan yang relative relatif tinggi (70%). Penggunaan smartphone selama 45 detik bertingkat resiko terjadinya kecelakaan mencapai 100%, jalan dua lajur dengan traffic peak hour. Terdapat tingkat kecelakaan yang rendah atau cenderung tidak terjadi pada penggunaan smartphone  saat berkendara dengan nilai Y = 1.450, kondisi tersebut ialah kombinasi antara durasi 10 detik, jalan 2 lajur, dan traffic off-peak. Penggunaan smartphone saat berkendara lebih dari 10 detik pada jalan 2 atau 4 lajur dengan kondisi lalu lintas sepi maupun sibuk menunjukkan resiko kecelakaan 65%-100%.

Keywords

Driving distraction, Multilevel Factorial design, Smartphone

Full Text:

PDF

References

World Health Organization. Mobile Phone Use: A Growing Problem of Driver Distraction. Technology. Geneva, Switzerland; 2011.

Ismail S. Analisis Probabilitas Pengemudi Mobil Melakukan Driving Distractions di Kota Medan. Tesis. Medan: Postgraduate USU; 2019.

Lulie Y, Hatmoko TJ. Perilaku Agresif Menyebabkan Resiko Kecelakaan di Jalan Raya. Jurnal Teknik Sipil. 2005; 6(1): 60-73.

Putranto LS, Prasetijo J, Setyarini NPSE. Characteristics of Motorcycle Ownership and Use of University Students in Malaysian and Indonesian Cities. Civil Engineering Dimension. 2015; 17(1); 11-21.

National Highway Traffic Safety Administration. 2020. Traffic Safety Facts Research Note: Distracted Driving 2018. Department of Transportation. Washington, DC.

Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta. 2005.

National Safety Council (NSC). Understanding the distracted brain: Why driving while using hands-free cell phones is risky behavior. White Paper 0412 000082045. Itasca, IL, USA; 2012.

Wicaksono D, Fathurochman RA, Riyanto B, Wicaksono YI. Analisis Kecelakaan Lalu Lintas (Studi Kasus-Jalan Raya Ungaran-Bawen). Jurnal Karya Teknik Sipil. 2014; 3(2); 345-355.

Pujiastutie ET. Pengaruh Geometrik Jalan Terhadap Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol (Studi Kasus Tol Semarang dan Tol Cikampek). Doctoral dissertation. Semarang: Postgraduate UNDIP; 2011.

Chang KH. e-Design: Computer-Aided Engineering Design, Revised First Edition. London, UK: Academic Press. 2015.

Marliani R. Psikologi Eksperimen. Bandung: Pustaka Setia. 2013.

Raharjo S. Cara Melakukan Analisis Regresi Multiples (Berganda) dengan SPSS. 2014. URL: https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-regresi-multipes-dengan-spss.html. (Diakses tanggal 20 September 2020).

Walpole RE. Probability and Statistics for Engineer and Scientist 9th Edition. USA: Pearson Inc. 2012.

Basuki AT. Ekonometrika Dan Aplikasi Dalam Ekonomi (Dilengkapi Aplikasi EViews 7). Yogyakarta: Danisa Media. 2017.

Prawito AS., Yuniar, Desrianty A. Pengukuran tingkat kewaspadaan pengemudi mobil usia muda di Kota Bandung menggunakan Quantitative Analysis of Situational Awareness (QUASA). Reka Integra: Jurnal Online Teknik Industri Itenas. 2014; 1(4); 169-179.

Setiawan A, Winarno A. Prioritas Pengemudi Untuk Kenyamanan Layanan Penumpang Di Lingkungan Akademik Berbasis K-Nearest Neighbor. Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa. 2020; 16(1); 33-40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.