Game Edukasi Pengenalan Hewan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas 3 Sekolah Dasar
Fatah Yasin Al Irsyadi(1*), Dedi Gunawan(2), Ayu Putri Wardhani(3), Yogiek Indra Kurniawan(4)(1) Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(2) Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(3) Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
(4) Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. Kirbas, “The effect of interactive whiteboard applications supported by visual materials on middle school students’ listening comprehension and persistence of learning,†Univers. J. Educ. Res., vol. 6, no. 11, pp. 2552-2561, 2018, doi: https://doi.org/10.13189/ujer.2018.06112.
T. Indrawati, “Pelaksanaan pembelajaran Anak Tunagrahita,†J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 5, no. 14, pp. 1-387, 2016.
F.P. Hardiyanti and N. Azizah, “Multimedia of Educational Game for Disability Intellectual Learning Process: A Systematic Review,†International Conference on Special and Inclusive Education, vol. 296, no. Icsie 2018, pp. 360-368, 2019, doi: 10.2991/icsie-18.2019.66.
F.Y. Al Irsyadi, S.L.M. Sholihah, and E. Sudarmilah, “Game Edukasi Merawat Diri untuk Anak Tunagrahita Tingkat Sekolah Dasar Berbasis Kinect Xbox 360,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 2, pp. 693-700, 2016, doi: 10.24176/simet.v7i2.783.
K. Saifulloh, M. Sulistyoningsih, and M. Lutfi, “Perancangan animasi interaktif pengenalan binatang pada anak usia dini,†Sniptek, pp. 253-258, 2016.
F.Y. Al Irsyadi and A.N. Rohmah, “Pemanfaatan Augmented Reality untuk Game Edukasi bagi Anak Autis Tingkat Sekolah Dasar di Rumah Pintar Salatiga,†Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 1, pp. 91-98, 2017.
H. Supriyono, R.F. Rahmadzani, M.S. Adhantoro, and A.K. Susilo, “Rancang Bangun Media Pembelajaran dan Game Edukatif Pengenalan Aksara Jawa ‘Pandawa,’†Pros. 4th University Res. Colloq. 2016, pp. 1-12, 2016.
G. Jin, M. Tu, T.-H. Kim, J. Heffron, and J. White, “Evaluation of Game-Based Learning in Cybersecurity Education for High School Students,†J. Educ. Learn., vol. 12, no. 1, pp. 150, 2018, doi: 10.11591/edulearn.v12i1.7736.
F.Y. Al Irsyadi, S. Supriyadi, and Y.I. Kurniawan, “Interactive educational animal identification game for primary schoolchildren with intellectual disability,†Int. J. Adv. Trends Comput. Sci. Eng., vol. 8, no. 6, pp. 3058–3064, 2019, doi: 10.30534/ijatcse/2019/64862019.
Y. Aditama, D. Afriyantari, and P. Putri, “Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA (Ayo Mengenal Hewan dan Tumbuhan) untuk Kelas 4 SD Berbasis Android,†Jurnal TIKomSin., vol. 7, no. 1, pp. 1-7, 2019.
A. Ahmad and Y.I. Kurniawan, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Pegawai Terbaik Menggunakan Simple Additive Weighting,†J. Tek. Inform., vol. 1, no. 2, pp. 101-108, 2020, doi: https://doi.org/10.20884/1.jutif.2020.1.2.14.
Y.I. Kurniawan and T.I. Barokah, “Klasifikasi Penentuan Pengajuan Kartu Kredit Menggunakan K-Nearest Neighbor,†J. Ilm. Matrik, vol. 22, no. 1, pp. 73-82, 2020, doi: 10.33557/jurnalmatrik.v22i1.843.
R. Agustina, A. Chandra, S. Informasi, U.K. Malang, T. Informatika, and U. K. Malang, “Analisis Implementasi Game Edukasi ‘The Hero Diponegoro’ Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di MTS. Attaroqie,†Teknologi Informasi: Teori, Konsep, dan Implementasi, vol. 8, no. 1, 2017.
F.Y. Al Irsyadi, D. Puspitassari, and Y.I. Kurniawan, “ABAS (Ayo Belajar Sholat): Game Edukasi Pembelajaran Sholat untuk Anak Tuna Rungu Wicara,†J. Manaj. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 17-28, 2019, doi: 10.34010/jamika.v9i1.1537.
F. Y. Al Irsyadi, A. P. Priambadha, and Y. I. Kurniawan, “Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV,†J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 55-66, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2581
Refbacks
- There are currently no refbacks.