Program Auto Parkir Untuk Analisis Parkir di Goa Gong

Sulistiani Sulistiani, Ahmad Munawar

Abstract


Kabupaten Pacitan dikenal dengan “Kota 1001 Goa” dan salah satu ikonnya adalah Goa Gong. Ketersediaan fasilitas parkir yang memadai merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat kunjungan wisatawan. Bertambahnya jumlah wisatawan berpengaruh terhadap volume parkir.Program Auto Parkir diharapkan akan dapat memudahkan dalam pengolahan data parkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan Program Auto Parkir untuk analisis data parkir dan mengevaluasi fasilitas parkir di Objek Wisata Goa Gong. Berdasarkan hasil penelitian, Program Auto Parkir dapat digunakan dalam perhitungan data parkir, sehingga pengolahan data parkir tidak perlu dilakukan secara manual.Berdasarkan hasil analisis data, indeks parkir rata-rata di area parkir Objek Wisata Goa Gong tidak terlalu tinggi, tetapi pada jam-jam tertentu indeks parkir mencapai lebih dari 70 %. Jika indeks parkir lebih dari 70 %,pengguna parkir akan kesulitan dalam memperoleh ruang parkir. Prioritas penanganan masalah adalah dengan penambahan kapasitas ruang parkir termasuk fasilitas pendukung lainnya.


Keywords


Program Auto Parkir, Area Parkir, Wisata

Full Text:

PDF

References


Munawar, Ahmad, 2004, Manajemen Lalulintas Perkotaan, Beta Offset, Yogyakarta, Indonesia.

Munawar, Ahmad, 2009, Analisis Dampak Lalulintas Pembangunan Pusat Perbelanjaan : Studi Kasus Plaza Ambarukmo. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, Vol. 1 no.1, 1 Januari 2009.

Asih, Meita Bustanul dan Imam Muthohar, 2012, Upaya Pemecahan Masalah Lalu Lintas Akibat Aktivitas Sisi Jalan Yang Tinggi Dengan Analisis Tundaan (Studi Kasus : Jalan Kesehatan, Yogyakarta), The 15th FSTPT International Symposium, STTD Bekasi.

Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Tahun 1996, Nomor : 272/HK.105/DRJD/96 tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir.

Supriatna, Nandan, 2008, Kajian Proses Manuver Parkir di Badan Jalan di Kota Bandung, Jurnal Sipil Kokoh, Vol. 6, No. 1, Januari 2008.

Savenny, Pratiwi dkk, 2017, Persepsi Wisatawan Dalam Pemanfaatan Badan Jalan Sebagai Lahan Parkir Bagi Pengunjung Di Objek Wisata Kota Bukittinggi, Diakses tanggal 2 Oktober 2017, melalui http://jim.stkip-pgri-sumbar.ac.id/jurnal/view/zjV.

Nabal, Alfred Rodriques Januar, 2014, Evaluasi Kebutuhan Lahan Parkir Pada Area Parkiran Kampus Fisip Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Jurnal Teknik Sipil, Vol. 13, No. 1, Hal. 32–44, Oktober 2014.

Rahmawati, Alfiani, 2016, Korespondensi antara Faktor Penyebab Kemacetan dan Solusinya, Prosiding Temu Ilmiah IPLBI 2016, Hal. B 043-048, 30 November 2016.

Munawar, Ahmad, 2005, Dasar-dasar Teknik Transportasi, Beta Offset, Yogyakarta, Indonesia.

Munawar, Ahmad, 2004, Program Komputer untuk Analisis Lalulintas, Beta Offset, Yogyakarta, Indonesia.

...., 2006, Manual ProgramAuto Parkir, Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Riuwan, dan Akdon, 2013, Rumus dan Data dalam Analisis Statistika, Alfabeta, Bandung, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dr.2018.14.1.199

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Powered by OJS | Design by ThemeOJS