Analisis Pemilihan Asosiasi Jasa Konstruksi Berdasarkan Persepsi Kontraktor di Palangka Raya

Subrata Aditama K.A.Uda(1*), Apria BP. Gawei(2), Rr. Ratna Dewi(3)

(1) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya
(2) Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya
(3) Staf Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat
(*) Corresponding Author

Abstract

Industri konstruksi di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada bidang infrastruktur. Berdasarkan data statistik tahun 2020 menunjukkan kontribusi produk domestik bruto sektor konstruksi di Indonesia menempati peringkat ke 2 setelah negara Kamboja. Kondisi ini memberi peluang berdirinya beberapa organisasi dan asosiasi jasa konstruksi baru yang menaungi kontraktor sebagai syarat dalam mengikuti lelang proyek pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana variabel biaya, promosi, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan dalam memilih asosiasi jasa konstruksi. Analisis penelitian menggunakan metode regresi linier berganda dengan jumlah sampel 377 responden dari 461 respoden yang berasal dari kontraktor yang merupakan anggota asosiasi jasa konstruksi di kota Palangka Raya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel biaya, promosi, dan pelayanan berpengaruh nyata terhadap keputusan anggota badan usaha dalam memilih asosiasi jasa konstruksi. Analisis statistik menunjukkan variabel biaya mempunyai pengaruh paling dominan dan sangat signifikan sebesar 0,546, selanjudnya variabel promosi dan pelayanan sebesar 0,275 dan  0,259. Ketiga variabel ini meminiliki tingkat signifikasi lebih besar dari 0,05 (99%) terhadap keputusan anggota badan usaha dalam memilih asosiasi jasa konstruksi di Palangka Raya. Hasil penelitian ini mendukung teori yang menyatakan bahwa variabel biaya, promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen

Keywords

Asosiasi jasa konstruksi, Kontraktor, Biaya, Promosi, Pelayanan

Full Text:

PDF

References

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2000, Usaha dan Peran Masyarakat Jasa Konstruksi. Sekretariat Negara Republik Indonesia, Jakarta. 2000.

Yusup, A.L. Haryono, Dasar-dasar Akuntansi jilid 1, STIE YKPN, Yogyakarta. 2006.

Mowen, H., Management Accounting, edisi 7, Salemba Empat, Jakarta. 2006.

Mulyadi, Akuntansi Biaya. Yogyakarta: Aditya Media. 2012.

Solihin I. Pengantar Bisnis, Pengenalan Praktis dan Studi Kasus, Jakarta: Kencana. 2006.

Adam R., Siahaan S., dan Aggraini T. Persaingan dan Ekonomi Pasar di Indonesia. Jakarta: Friedrich Naumann Stiftung, 2006

Mangkunegara P.A, Perilaku Konsumen, Edisi Revisi, Cetakan Ketiga, Bandung: Refika Aditama. 2005.

Muninjaya, A.A. Gde. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. 2013.

Malhotra K, Naresh, Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Jilid Satu, Indeks, Jakarta. 2005.

Fandy T. and Gregorius C., Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2011.

Kotler, P. and Armstrong G. Principles of marketing: global edition (14th ed.). New Jersey, US: Pearson Education, Inc. 2012.

Ginting, N.F., Hartimbul. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Yrama Widya. 2011.

Babin, Z. Menjelajahi Riset Pemasaran. Edisi Kesepuluh. Jakarta: Salemba Empat. 2011.

Sangadji, E.M. and Sopiah. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian. (17th ed.). Yogyakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. 2013.

Walukow, A.L.P. dkk. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Bentenan Sonder Minahasa Jurnal EMBA. 2014. 2: 1737-1749.

Sunyoto, D. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta, ID: CAPS. 2014.

Boyd, H.W., Orville C. W. and Jean-Claude Larreche. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Imam Nurmawan. Jakarta: Erlangga. 2000.

Widagdo dan Herry Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT. XYZ Palembang. Jurnal Ilmiah STIE MDP. 2011. 1: 1-10.

Januardi R. and Pribadi K.S. Kajian Aturan Pembayaran SubKontraktor oleh Kontraktor Utama Indonesia, Dinamika Rekayasa, Vol. 16, No.1, hal. 21-31, 2020.

Sugiyono. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung, ID: Alfabeta. 2013.

Iwan N. Pelaku Jasa Konstruksi Butuhkan Asuransi Resiko Kegagalan Proyek, Buletin BPKSDM Departemen Pekerjaan Umum Periode April. 2007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.