Perencanaan Sistem Parkir RFID Menggunakan Long Range Protokol

Shinta Dinar Kumalasari(1), Prasetyo Yuliantoro(2), Eka Wahyudi(3*)

(1) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(2) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(3) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Area parkir yang luas dan banyaknya kendaraan yang keluar masuk area parkir membutuhkan keamanan yang ekstra untuk menjaga kendaraan mahasiswa dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pencurian kendaraan bermotor. Untuk itu, sistem parkir yang dirancang pada area parkir IT Telkom Purwokerto dirancang menggunakan Radio Frequency Identification (RFID). Hal ini dilakukan sebagai bentuk menjaga keamanan kendaraan yang terparkir pada area parkir IT Telkom Purwokerto. RFID menyimpan setiap data mahasiswa meliputi, ID, Nama, keterangan terdaftar atau tidak pada database kampus, serta keterangan status parkir. Saat mahasiswa melakukan tag RFID, maka LORA akan melakukan pengiriman data pada server untuk dilakukan pengecekan pada cloud website firebase apakah ID sudah terdaftar atau belum. Hasil pengecekan akan dikirimkan kembali oleh server ke LORA untuk ditampilkan pada LCD. Ada 3 kondisi yang akan ditampilkan pada LCD. Kondisi pertama jika RFID sudah terdaftar, maka akan muncul keterangan nama mahasiswa dan keterangan masuk parkir bersamaan dengan portal yang terbuka. Portal akan menutup kembali apabila pada sensor ultrasonic mendeteksi object sudah melewati portal. Kondisi kedua jika RFID tidak terdaftar, maka akan muncul keterangan ID tidak terdaftar pada LCD dan portal tidak akan membuka. Sedangkan kondisi ketiga ketika RFID yang sudah berstatus masuk parkir pada firebase, namun belum tap RFID keluar kemudian melakukan tap RFID menggunakan kartu yg sama pada pintu masuk maka akan muncul keterangan Access Denied Double User. Kondisi ini juga berlaku di pintu keluar, jika RFID yang sudah berstatus keluar parkir kemudian melakukan tap RFID pada pintu keluar menggunakan kartu yang sama maka akan muncul keterangan Access Denied Double User pada LCD

Keywords

Parkir, RFID, Arduino, LORA

Full Text:

PDF

References

M. Agustin, I. Mekongga, I. Admirani, and I. Azro, “Desain Sistem Parkir Berbasis RFID,†Jurnal JUPITER, vol. 11, no. 43, pp. 21–28, 2019.

S. Agus Mustofa, Muhammad Saleh, “Rancang Bangun Sistem Kendali Portal Parkir Menggunakan RFID Berbasis Arduino Mega,†Jurnal Teknik Elektro Universitas Tanjungpura, vol. 1, no. 1, 2013.

M. L. Hakim, “Model Smart Parking Berbasis Internet of Things,†Ilmu Komputer Universitas Pakuan, pp. 1–11, 2016.

E. D. Widianto, H. M. Wijaya, and I. P. Windasari, “Sistem Parkir Berbasis RFID dan Pengenalan Citra Pelat Nomor Kendaraan,†Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 5, no. April, pp. 115–122, 2017.

S. Mintoro, “Absensi dan Kartu Parkir Mahasiswa Menggunakan Kartu Radio Frequency Identification Dengan Bahasa Pemrograman Visual Basic,†Jurnal Informasi Dan Komputer, vol. 7, no. 1, pp. 91–99, 2019.

Hambali, “Internet of Things (IoT),†Pusat data dan Teknologi Informasi Sekertariat Jendral Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, 2015.

Wicaksono and Y. Pambudi, “Arduino Uno R3,†Yogyakarta, 2018..

Yulius, “Radio Frequency Identification (RFID),†12 April 2014. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2014/04/12/radio-frequency-identification-rfid/. [Diakses 31 Oktober 2019].

Putri, D.,“MENGENAL WEMOS D1 MINI DALAM DUNIA IOTâ€. [online] ilmuti.org. 2017. Available: https://docplayer.info/. [Accessed 24 October 2020].

Sujarwata, “Pengendali Motor Servo Berbasis Mikrokontroler Basic Stamp 2SX untuk Mengembangkan Sistem Robotika,†Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, vol. v, no. 1, pp. 47–54, 2013.

P. J. Endaryono, Harianto, and M. C. Wibowo, “Journal of Control and Network Systems,†Sistem Komputer STIKOM Surabaya, vol. 3, no. 1, pp. 70–77, 2014.

Dragino, LORA Shield. Wiki Dragino. 2016.

Mutinda Mutava Gabriel, “Arduino Uno, Ultrasonic Sensor HC-SR04 Motion Detector with Display of Distance in the LCDâ€. International Journal of Engineering Research and, V9(05). 2020.

Pratama, R. and Kardian, A., “Sensor Parkir Mobil Berbasis Mikrokontroler AT89S51 Dengan Bantuan Mini Kameraâ€. Jurnal Komputasi, 11(1412-9434). 2012.

Azka, D., 2020. Light Emitting Diode (LED). [online] Scribd. Available at: https://www.scribd.com/ [Accessed 31 October 2020].

H. Santoso, “Panduan Praktis Arduino untuk Pemulaâ€, 1st ed. Trenggalek: Elang Sakti, 2015.

M. Ilhami, “Pengenalan Google Firebase Untuk Hybrid Mobile Apps Berbasis Cordova,†vol. 3, no. 124, pp. 16–29, 2017.

T. M. Diansyah, J. T. Informatika, S. Tinggi, and T. Harapan, “Analisa Pencegahan Aktivitas Ilegal didalam Jaringan Menggunakan Wireshark,†vol. IV, no. 2, pp. 20–23, 2015.

Wulandari Rika. “Analisis Quality of Service (QoS) pada Jaringan Internet (Studi Kasus : UPT Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon – LIPI)†Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 2016, Volume 2 Nomor 2, 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.