PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS PENAMPANG BETON BERTULANG BERBASIS ANDROID

Prio Handoko(1), Agustinus Agus Setiawan(2*)

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyediakan aplikasi berbasis Android untuk perancangan struktur beton bertulang yang hingga saat ini belum tersedia di Indonesia. Aplikasi ini sangat bermanfaat bagi seorang ahli di bidang Teknik Sipil khususnya di bidang Rekayasa Struktur, karena dapat membantu dalam melaksanakan tugasnya merencanakan suatu struktur beton bertulang. Aplikasi berbasis android yang dikembangkan diharapkan memiliki kemampuan untuk melakukan analisis dan desain lentur dari penampang beton bertulang yang berbentuk persegi. Standar acuan yang digunakan dalam analisis dan desain penampang beton bertulang tersebut adalah SNI 2847:2013 “Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedungâ€, yang merupakan standar perencanaan beton bertulang yang terbaru. Penelitian ini sangat penting untuk dilangsungkan mengingat perlunya tersedia suatu perangkat aplikasi yang dapat digunakan oleh seorang ahli struktur setiap saat dan di manapun. Di samping itu aplikasi ini juga dapat menjadi sarana atau media pembelajaran praktis bagi mahasiswa program studi Teknik Sipil yang tengah mempelajari struktur beton bertulang.

Keywords

Perancangan, struktur beton bertulang, aplikasi android, teknik sipil

Full Text:

PDF

References

KOMINFO. "Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia". KOMINFO Official Homepage. Laman: https://kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. Diakses 19 Juni 2016.

Ramos Somya, Feldy Judah Kambey. Pembuatan Sistem Informasi Transportasi Umum di Kota Surakarta dengan Framework Sencha Touch. Jurnal JNTETI UGM, Vol. 4, No. 4, 2015.

Christine Dewi, Kumala Nindya Pramono. Pembuatan Aplikasi Pencatatan Servis Mobil di PT. Armada International Motor Berbasis Android. Jurnal JNTETI UGM, Vol. 4, No. 4, 2015.

Adrian Kusuma Wahyudi. ARca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android. Jurnal JNTETI UGM, Vol. 3, No. 2, 2014.

Standar Nasional Indonesia. Persyaratan Beton Struktural Untuk Bangunan Gedung. SNI 2847:2013. Badan Standardisasi Nasional. Jakarta. 2013.

ACI 318M-11. Building Code Requirements for Structural Concrete. American Concrete Institute. 2011.

Mc. Cormac, R.H. Brown. Design of Reinforced Concrete. 8th Edition. Wiley. 2008.

M.N. Hassoun, A. Al-Manaseer. Structural Concrete Theory and Design. 3rd ed. John Wiley&Sons. Prentice Hall. 2005.

Roger S. Pressman, Software Engineering: A Practicioner’s Approach. 7th Editon. New Jersey. McGraw Hill Education. 2010.

Aunur R. Mulyanto. Rekayasa Perangkat Lunak. KEMENDIKBUD Republik Indonesia. Jakarta. 2008.

Alain Abran, James W. Moore, Pierre Bourque, , Robert Dupuis, Leonard L. Tripp. Guide to the Software Engineering Body of Knowledge. IEEE. ISBN 0-7695-2330-7. 2004.

Ron Patton. Software Testing. 2nd Edition. Indianapolis. Sams Publishing. 2006.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.