Rancang Bangun Turbin Cross-Flow Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) Skala Laboratorium

Wiludjeng Trisasiwi(1*), Masrukhi Masrukhi(2), Asna Mustofa(3), Furqon Furqon(4)

(1) Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
(2) Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
(4) Teknik Pertanian Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Kabupaten Banyumas mempunyai banyak sungai yang potensial untuk dikembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Salah satu tujuan pengembangan PLTMH adalah untuk mensubstitusi energi BBM. Konsep listrik berbasis mikrohidro dengan memanfaatkan sumber air yang berada di sekitar pemukiman untuk pengembangan ekonomi produktif di pedesaan. Tujuan dari penelitian adalah: membuat peta potensi sungai di wilayah Kabupaten Banyumas untuk dikembangkan PLTMH skala 100-500 kW, membuat rancangan dan prototipe PLTMH skala laboratorium, dan uji performansi. Penelitian dilakukan dalam tiga tahap, yaitu pembuatan profil potensi PLTMH di sungai di Kabupaten Banyumas; pembuatan prototipe turbin; dan uji performansi PLTMH skala laboratorium. Pelaksanaan penelitian meliputi: pengumpulan data iklim, pengukuran debit sungai dan ketinggian terjunan (head) di sungai yang potensial di wilayah Kabupaten Banyumas; Pembuatan prototipe turbin tipe cross-flow; serta uji performansi protipe PLTMH dilakukan di Laboratorium Teknik Sistem Termal dan Energi Terbarukan Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman. Berdasar data penelitian diperoleh hasil rancangan turbin cross-flow belum menunjukkan performansi optimum, tetapi peralatan transmisi dapat bekerja dengan baik, sistem penyaluran energi bekerja cukup baik memutar turbin pada kondisi tanpa beban maupun dengan beban. Hasil pengujian dengan menggunakan kekuatan motor pompa penuh didapatkan hasil 1.114,7 rpm generator; voltase 77,7 V; dan arus 0,5 A pada saat tanpa beban, serta 1.018,6 rpm generator; voltase 70,2 V, dan arus 0,5 A pada saat diberi beban lampu LED 5 W.

Kata kunci —  Mikrohidro, PLTMH, turbin, cross-flow, transmisi

Keywords

Mikrohidro, PLTMH, turbin, cross-flow, transmisi

Full Text:

PDF

References

Abdullah, K., A.K. Irwanto, N. Siregar, S.E. Agustina, A.H. Tambunan, E. Hartulistiyoso dan Y.A. Purwanto. 1990. Energi dan Listrik Pertanian. Institut Pertanian Bogor.

Damastuti, A.P. 1997. Pembangkit Tenaga Listrik Mikro Hidro. Jurnal Wacana Teknologi Edisi 8. Diakses 24 Juni 2014.

Haimerl, L.A. 1960. The Cross-Flow Turbine. Water Power. Vol. 12, No. 1, pp. 5-13.

Masrukhi, W. Trisasiwi, dan A. Mustofa. 2014. Pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) untuk Mendukung Program Desa Mandiri Energi (DME) di Kabupaten Banyumas. Laporan Penelitian Hibah Bersaing.

Sholihah, F.H. dan J. Prastilastarso. 2012. Rancang Bangun Prototipe Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro. Tugas Akhir PENS-ITS Surabaya.

Susatyo, A. 2003. Pengembangan Turbin Air Type Cross-Flow Diameter Runner 400 mm. Pemaparan Hasil Litbang. Kedeputian Ilmu Pengetahuan Teknik. Pusat Penelitian Informatika - LIPI. Bandung 29-30 Juli 2003.

Tirono, M. 2012. Pemodelan Turbin Cross-Flow Untuk Diaplikasikan Pada Sumber Air Dengan Tinggi Jatuh Dan Debit Kecil. Jurnal Neutrino Vol.4, No. 2 April 2012.

www.banyumaskab.go.id. 2012. Berita Banyumas. Nilai Investasi Mikrohidro di Banyumas Mencapai 432 M. Diunggah 24 Mei 2012. Diakses 29 Juni 2014.

Yanziwar. 2007. Perencanaan Turbin Cross-Flow. Jurnal Teknik Mesin. Vol 4, No. 1, Juni 2007.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.