SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PETA PENANAMAN MODAL KABUPATEN CILACAP

Nur Chasanah(1*), Yanuar Eko Restianto(2), Dadang Iskandar(3), Aldila Dinanti(4)

(1) Teknik Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
(4) Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Pemanfaatan teknologi semakin mempengaruhi perkembangan suatu daerah, khususnya dalam hal ini adalah potensi penanaman modal yang ada pada kabupaten Cilacap. Banyak investor yang tertarik untuk berinvestasi di kabupaten Cilacap, namun kurang tepat dan cepatnya informasi menyulitkan para investor yang akan berinvestasi. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) kabupaten Cilacap membutuhkan sebuah sistem yang dapat mengelola data secara cepat dan tepat dalam menyajikan informasi yang dibutuhkan investor dan juga menarik minat investor untuk berinvestasi di kabupaten Cilacap. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu investor dalam memperoleh informasi terkait keadaan dan nilai investasi yang diimplementasikan dalam sistem informasi geografis yang menggambarkan peta penanaman modal untuk sektor-sektor potensi investasi yang ada di kabupaten Cilacap dengan berbasis web. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL pada pengembangan sistemnya. Implikasi hasil dari pengimplementasian sistem informasi geografis ini dapat dijadikan upaya dalam peningkatan kualitas layanan berbasis website yang sangat berpengaruh terhadap kegiatan penanaman modal yang akan dilakukan oleh para investor sehingga kabupaten Cilacap dapat terus berkembang dan memanfaatkan sistem informasi geografis dalam menyajikan informasi potensi penanaman modal.

Keywords

Sistem Informasi Geografis, Peta, Investasi, Waterfall

References

Rastuti, Leon A.A., Eka P.A. Sistem Informasi geografis Potensi Wilayah Kabupaten Banyuasin Berbasis Web. Student Colloquium Sistem Informasi dan Teknik Informatika (SC-SITI). Palembang. 2015. 1-6.

D. Darmawan, Teknologi pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

E. Turban, Decision Support System dan Inteligent System. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

L. Novitasari, et al., "Geographic information systems of android-based residential locations," in 4th International Conference on Information Technology and Engineering Application 2015 (ICIBA2015), Bina Darma University, Palembang, 2015.

Handayani, D.U.N., Soelistijadi, Sunardi. Pemanfaatan Analisis Spasial untuk Pengelolaan Data Spasial Sistem Informasi Geografis. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol X, No 2. Mei 2015: 108-116.

Manan A, Husain, Winarti NKS. Geographic Information System: Sistem Informasi Geografis Pembuatan Model Pengendalian Kepemilikan Ternak Sapi di Wilayah Provinsi NTB. Seminar Nasional Informatika. 2014. Yogyakarta.

DPMPTSP Cilacap. 2019. Potensi Penanaman Modal Kabupaten Cilacap. Jawa Tengah.

Rice, 2000,”GIS/Data Center : GIS Links”, http://riceinfo.rice.edu/Fondren/GDC/gislink s.shtml

E. Prahasta, "Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis," Informatika, Bandung, 2001.

Feick, Robert D. and Hall, G. Brent, (1999).” Consensus-building in a Multiparticipant Spatial Decision Support System”, URISA Journal, Volume 11, Number 2, Pages 17 –23.

I Wayan Nuarsa, 2005, Menganalisa Data Spasial dengan ArcView GIS 3.3, Penerbit Informatika, Bandung

Budianto, Eko. 2010. Sistem Informasi Geografis dengan Arc View GIS. Yogyakarta: Andi Offset.

Wiranata,IGedeAB. 2007. Kebijakan Penanaman Modal Menurut Undang-Undang No 25 Tahun 2007. Universitas Lampung. Bandar Lampung

Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.