PROTOTYPE REGION OF INTEREST (ROI) CITRA WAJAH MANUSIA BERBASIS BINARY LARGE OBJECT (BLOB) ANALYSIS

Arief Bramanto Wicaksono Putra(1*), Mirza Rafdi Rosada(2), Achmad Fanany Onnilita Gaffar(3)

(1) Politeknik Negeri Samarinda
(2) Politeknik Negeri Samarinda
(3) Politeknik Negeri Samarinda
(*) Corresponding Author

Abstract

Setiap manusia memiliki identitasnya masing-masing, dan tidak akan sama satu identitas seseorang dengan identitas lainnya. Biometrik suatu wajah tidak akan sama dengan wajah lainnya, oleh karena itu dirancang suatu prototype pengenalan identitas ciri wajah pada wilayah-wilayah tertentu atau Region of Interest (ROI). ROI yang digunakan merupakan biometrik-biometrik unik yang terdapat pada wajah. Untuk mendapatkan ROI, proses segmentasi yang digunakan diantaranya adalah: Morfologi, Flood fill Algorithm dan Tresholding. Kemudian dengan menggunakan BLOB Analysis jumlah area dan nilai piksel yang terdapat pada ROI yang telah tersegmentasi akan dijadikan sebagai ekstraksi ciri pengenalan yang kemudian akan teridentifikasi menggunakan pendekatan Euclidean distance. ROI yang diperoleh dari ekstraksi menggunakan BLOB analysis mencakup 6 sampai 9 area biometrik wajah seperti alis, mata, hidung, mulut dan telinga. Hasil performansi dari identifikasi kemiripan wajah menggunakan 3 data wajah dengan 5 data sampel berbeda pada masing-masing wajah adalah 33,3%.

Keywords

Region of Interest, Segmentasi, BLOB analysis, Euclidean distance

Full Text:

PDF

References

A. B. W. Putra, D. S. B. Utomo, and M. D. 2018. Rahmawan, "VERIFIKASI GOLONGAN DARAH MANUSIA BERBASIS CITRA DIJITAL MENGGUNAKAN LOGIKA FUZZY," Jurnal Sains Terapan (JST), vol. 4, pp. 23-32.

N. Syafitri. 2011. "Pengenalan Pola Untuk Deteksi Uang Koin," in Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri (SNITIKI) III, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, pp. 18-24.

S. Puspasari. 2013. "deteksi Lokasi Bibir Otomatis Pada Citra Wajah Berbasis Ciri Bentuk dan Warna," Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 5, pp. 585-594.

M. H. H. Putri, A. B. W. Putra, and A. F. O. Gaffar. 2018 "Ekstraksi Ciri Citra Wajah Manusia Menggunakan Metode Mean Absolute Error (MAE) Dan Discrete Cosine Transofrm (DCT) Pada Klasifikasi Usia Manusia," presented at the Seminar Nasional Teknologi, Inovasi dan Aplikasi di Lingkungan Tropis, Samarinda.

W. Zhao and R. Chelappa. 2011. Face Processing : Advanced Modeling and Methods: Elsevier Science.

R. Brinkmann,. 1999. The Art and Science of Digital Compositing: Elsevier Science.

A. F. O. Gaffar, A. B. W. Putra, A. Wajiansyah, and Supriadi. 2018. "Texture Feature Extraction Based on Local Weighting Pattern (LWP) Using Fuzzy Logic Approach," International Journal of Computer Applications, vol. 179, pp. 1-8.

A. B. W. Putra, R. Malani, and Mulyanto. 2018 "A Gray-Level Dynamic Range Modification Technique for Image Feature Extraction Using Fuzzy Membership Function," Indonesian Journal of Artificial Intelligence and Data Mining (IJAIDM), vol. 1, pp. 6-13.

R. S. Romi Wiryadinata, Siswo Wardoyo, Priswanto Priswanto. 2016 "Pengenalan Wajah Pada Sistem Presensi Menggunakan Metode Dynamic Times Wrapping, Principal Component Analysis dan Gabor Wavelet," Dinamika Rekayasa, vol. 12, pp. 1-8.

H. Kurniawan and T. Hidayat. 2010 "Perancangan Program Pengenalan Wajah Menggunakan Fungsi Jarak Metode Euclidean Pada Matlab," in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI 2008), Yogyakarta, pp. 15-18.

D. Putra. 2010. Pengolahan Citra Dijital. Yogyakarta: ANDI.

I. Rosyadi. 2012 "Gray-Scale Image Colorization Using Various Affinity Functions," Dinamika Rekayasa, vol. 8, pp. 7-11.

R. Kusumanto and A. N. Tompunu. 2011. "Pengolahan Citra Digital Untuk Mendeteksi Obyek Menggunakan Pengolahan Warna Model Normalisasi RGB," in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik 2011), Semarang, pp. 1-8.

J. B.Florindo, O. M.Bruno, and G. Landini. 2017. "Morphological classification of odontogenic keratocysts using Bouligand–Minkowski fractal descriptors," Computers in Biology and Medicine, vol. 81, pp. 1-10.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.