IMPLEMENTASI E-SERVICE QUALITY PADA E-COMMERCE KOMUNITAS MUSLIMAH ENTERPRENEUR

Nur Chasanah, Tiladela Luhita, Shafa Rizki Fandestika

Abstract


Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis pada masyarakat. Masyarakat bisnis semakin berinovasi untuk dapat memberikan layanan yang terbaik bagi konsumennya, khususnya secara online agar dapat memenangkan persaingan bisnisnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengimplementasikan e-service quality pada e-commerce komunitas muslimah entrepreneur untuk dapat meningkatkan kualitas layanan berbasis web. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode waterfall serta menggunakan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL pada pengembangan sistemnya. Implikasi hasil dari pengimplementasian e-service quality pada e-commerce komunitas muslimah entrepreneur ini dapat meningkatkan kualitas layanan terbukti dengan peningkatan jumlah penjualan bagi anggota komunitas muslimah entrepreneur dan juga kepuasan konsumen yang lebih baik ketika menerapkan e-service quality pada e-commerce komunitas muslimah entrepreneur.


Keywords


E-Service quality, E-Commerce, Komunitas, Waterfall

References


Ho C.I, Lee Y.L. The development of an e-travel service quality scale. Tourism Management. 2007; 28(6): 1434–1449.

Laudon, K.C., Traver, C.G. (2013). E-Commerce 2014: Business, Technology, Society. Tenth Edition. Prentice-Hall, Inc

Afsar A, Nasiri Z, Zadeh M.O. E-Loyalty Model in E-Commerce. Mediterranean Journal of Sociaty Sciences. 2013; 4(9): 547-553.

Lee G.G, Lin H-F. Customer perceptions of e-service quality in online shopping. International Journal of Retail & Distribution Management. 2005; 33(2): 161-176.

Anggraeni N.M.S, Yasa, N.N.K. E-service quality terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penggunaan internet banking. Jurnal Keuangan dan Perbankan, 2012; 16(2): 293–306.

Handoko P, Setiawan A, Hermawan H. Pengembangan Aplikasi Analisis Penampang Beton Bertulang Berbasis Android. Jurnal Dinamika Rekayasa. 2017; 13(2): 69-80.

Andini C, Ariyanti M , Sumrahadi. Pengaruh E-Service Quality terhadap Minat Beli Pengunjung Online Store Lazada Indonesia. Proceeding of Management. 2016; 3(3): 1289-1294.

Siwantara I.W, Pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan serta kinerja customer relationship management (Studi pada Halo Corporate PT Telkomsel Bali). Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan. 2011; 7(3): 150–161.

Rahmati. 2009. Pemanfaatan E-commerce Dalam Bisnis Di Indonesia http://citozcome.blogspot.com/2009/05/pemanfaatan-e-commerce-dalam-bisnis-di.html. Diakses tanggal 06 Agustus 2011.

Siregar, Riki R. 2010. Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce. http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persaingan-bisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/. Diakses tanggal 01 Agustus 2011.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2007. Manajemen Pemasaran (Edisi 12). Jakarta : PT Indeks.

Santos, Jessica. E-service Quality: A Model Of Virtual Service Quality Dimensions. Managing Service Quality: International Journal. 2003; Vol. 13

Lee, Gwo Guang dan Lin, Hsiu Fen. Customer Perceptions of E-service Quality in Online Shopping. International Journal of Retail & Distribution Management. 2005; 33(2) Emerald Group Publishing.

Pressman, Roger S. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dr.2018.14.1.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Powered by OJS | Design by ThemeOJS