Pengembangan Sistem Kendali Alat Elektronika Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3 dan Ethernet Shield dengan Antarmuka Berbasis Android

Prio Handoko, Hendi Hermawan, Mohammad Nasucha

Abstract


Sistem kendali perangkat elektronika merupakan sebuah sistem sederhana yang dibangun untuk dapat mematikan dan menghidupkan perangkat elektronika, khususnya  perangkat elektronika yang terdapat di sekitar rumah dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi saat ini. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat membantu masyarakat perkotaan dalam melakukan pengendalian terhadap alat elektronika yang digunakan sehari-hari di tempat tinggal yang mencakup software dan hardware dengan perangkat mobile sebagai kendalinya. Penelitian mengadopsi tahapan-tahapan metode pengembangan prototype dan sistem yang akan dikembangkan nantinya menggunakan perangkat keras mikrokontroler Arduino UNO R3 sebagai pusat kendali utama sistem yang terhubung dengan jaringan lokal dengan akses nirkabel pada jaringan lokal menggunakan wireless router dan ethernet shield, dan sebagai antarmuka kendali terhadap sistem digunakan aplikasi berbasis Android menggunakan aplikasi open source MIT Application Inventor. Setelah beberapa kali percobaan dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem ini memungkinkan pengguna untuk mematikan dan menghidupkan alat lektronika melalui perangkat mobile, seperti lampu, kipas angin dan lainnya tanpa harus dengan berjalan menuju lokasi saklar yang ditempatkan menyebar di dalam tempat tinggal sehingga dapat menghemat waktu dan tenaga.

Keywords


sistem kendali, teknologi informasi, mikrokontroler, Arduino UNO, prototype

References


Wibowo, Satriyo., 2014, Perancangan Sistem Kontrol Jarak Jauh Berbasis Web untuk Memudahkan Pengguna dalam Pengendalian Perangkat Listrik Rumah Tangga, Vol. 2, No. 2, pp. 1 – 8.

Fiisabilillah, H., Mahardhika, C. S., Pranadi, K. I., 2015, Perancangan Sistem Kontrol Listrik Menggunakan Mikrokontroler Arduino Ethernet Shield, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Computer Science, Universitas Bina Nusantara Jakarta.

Rahmiati, P., Firdaus, G., Fathorrahman, N., 2014, Implementasi Sistem Bluetooth Menggunakan Android dan Arduino untuk Kendali peralatan Elektronik, Jurnal ELKOMIKA Institut Teknologi Nasional Bandung, Vol. 1, No. 2, pp. 1 – 14.

Iyuditya, Dayanti, E., 2013, Sistem pengendali Lampu Ruangan secara Otomatis Menggunakan PC Berbasis Mikrokontroler Arduino UNO, Jurusan Teknik Informatika, Jurnal Online ICT STMIK IKMI Cirebon, Vol. 10, pp. 1 – 7.

Fatoni, A., Rendra, D. B., 2014, Perancangan Prototipe Sistem Kendali Lampu Menggunakan Handphone Android Berbasis Arduino, Jurnal Sistem Komputer, Vol. 1, No. 1, pp. 24 – 30.

Syofian, A., 2016, Pengendalian Pintu Pagar Geser Menggunakan Aplikasi Smartphone Android dan Mikrokontroler Arduino melalui Bluetooth, Jurnal Teknik Elektro ITP, Vol. 1, No. 5, pp. 45 – 50.

Girsang, W. S., Batubara, F. R., 2014, Perancangan dan Implementasi Pengendali Pintu Pagar Otomatis Berbasis Arduino, Jurnal Ilmiah Singuda Ensikom Universitas Sumatera Utara, Vol. 2, No. 7, pp. 105 – 112.

Roger S. Pressman. Software Engineering: A Practitioner’s Approach. 7th Edition. McGraww-Hill. New York. Amerika, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.20884/1.dr.2018.14.2.191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Powered by OJS | Design by ThemeOJS