Implementasi dan Analisis Jaringan Fiber to The Tower dengan Menggunakan Teknologi GPON

Ardimas Aji Nugroho(1), Dadiek Pranindito(2), Eka Wahyudi(3*)

(1) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(2) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(3) Institut Teknologi Telkom Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Pada jaringan BTS Kemawi menggunakan jaringan fiber optik yang disebut FTTT. Pada jaringan tersebut terdapat titik putus jaringan fiber optik yang menggunakan kabel tanah, sementara dialihkan catuannya melalui ODP menggunakan kabel udara yang menggunakan splitter 1:8 dan splitter 1:2. Tentu akan berpengaruh terhadap layanannya dan bandwidth yang diberikan menjadi tidak maksimal. Diperlukan jaringan FTTT yang catuannya langsung ke OLT outdoor tanpa menggunakan splitter sebagai solusi yang tepat untuk mengatasi kasus tersebut. Jarak total dari OLT ke BTS Kemawi ± 2.830 m. Redaman power link budget dari OLT ke BTS dihitung secara matematis adalah 20,34 dB dengan margin daya 8,66 dB untuk downlink dan 6,66 dB untuk uplink. Nilai BER yang ditemukan pada hasil simulasi adalah 1,07089x10-146 untuk uplink dan 4,42913x10-52 untuk downlink. Sedangkan nilai downlink dan uplink Q factor yang diperoleh masing-masing adalah 25,7657 dan 15,1936. Dapat dikatakan bahwa nilai yang diperoleh dari hasil simulasi layak dan memenuhi Bit Error Rate (BER) yang ideal yaitu 10-9, dan syarat nilai Q factor minimal 6. Nilai keseluruhan redaman ONT pada jaringan FTTT Kemawi hasil implementasi adalah -15,27 dBm. Dari hasil tersebut dikatakan layak karena tidak lebih kecil dari sensitivitas -28 dBm yang ditetapkan oleh PT Telkom.

Keywords

BTS, Downlink, FTTT, Uplink

Full Text:

PDF

References

T. A. Dewi, F. Khair, Y. Rahmawati, J. D. I. Panjaitan, and N. 128, “Perancangan Desain Jaringan Fiber To The Tower (Fttt) Dengan Membandingkan Teknologi Gpon Dan Xgpon Untuk Area Sokaraja,†2018.

Annisa Nur Aini Maryadi, Fauza Khair, and Yosy Rahmawati, “PERANCANGAN DESAIN FIBER TO THE TOWER (FTTT) UNTUK KOMUNIKASI BROADCAST SEBAGAI BACKHAUL JARINGAN BANYUMAS TV,†Institut Teknologi Telkom Purwokerto, 2018.

N. Darmawan, “ANALISA PENGEMBANGAN JARINGAN FIBER OPTIC SITE NANGKA SEMARANG,†Semarang, 2017.

Muhammad Lory Hersani Talaohu, “Perancangan Jaringan FTTT pada area Banjarbaru,†Skripsi S1, 2018.

F. Rosanto, D. Zulherman, and F. Khair, “Analisis Perancangan Jaringan Fiber To The Home Area Jakarta Garden City (Jakarta Timur) dengan Metode Link Power Budget dan Rise Time Budget,†in Seminar Nasional IPTEK Terapan (SENIT) , 2017. [Online].

M. R. Farisan, N. Tri, S. T. Damayanti, and A. P. Satya, “CIGANITRI INDAH RESIDENCE KABUPATEN BANDUNG ANALYSIS AND OPTIMIZATION OF FIBER TO THE HOME (FTTH) NETWORK IN CIGANITRI INDAH RESIDENCE HOUSING, BANDUNG DISTRICT,†Proceeding of Applied Science, vol. 6, no. 1, 2020.

F. Pahlawan et al., “Perancangan Jaringan Akses Fiber To The Home (FTTH) Menggunakan Teknologi Gigabit Passive Optical Network (GPON): Studi Kasus Perumahan Graha Permai Ciputat,†vol. 2, 2017.

F. Andi Nurul Ulfawaty, “Analisis Redaman Pada Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Berteknologi Gpon,†2018.

J. Satria Effendi and M. Irfan Maulana, “Analisis Migrasi Media Transmisi Radio Ke Fiber Optik Di Jaringan Backhaul Bts Perum Manglayang Analysis Of Radio Transmission Medium Migration To Fiber Optic On Backhaul Network At Bts Perum Manglayang,†Maret, vol. 5, no. 1, p. 189, 2018.

Ridho, A. Nur Aulia Yusuf, S. Andra, D. Nikken Sulastrie Sirin, and C. Apriono, “Perancangan Jaringan Fiber to the Home (FTTH) pada Perumahan di Daerah Urban (Fiber to the Home (FTTH) Network Design at Housing in Urban Areas),†Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, vol. 9, no. 1, pp. 94–103, Feb. 2020, doi: 10.22146/jnteti.v9i1.138.

F. Emasriani and R. Rahmadewi, “Analisa Efektifitas Perbaikan Perangkat BTS Telkomsel Karawang dengan iManager u2000 software,†CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 5, no. 2, p. 148, Sep. 2021, doi: 10.22373/crc.v5i2.9552.

N. Sabah, T. Pontia, ) Program, S. Teknik, E. Jurusan, and T. Elektro, “Perancangan Jaringan Akses Ftth Dengan Teknologi Gpon Menggunakan Algoritma Genetika Di ‘Kota Satelit’ Kubu Raya.â€2018.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.