Simulasi Antrian dalam Optimalisasi Layanan di Supermarket Rita Pasaraya

Indro Prakoso(1*), Amanda Sofiana(2), Sarah Nurmalawati(3), Rafi Triyanto(4), Azhar Rafi Rendra(5), Anwar Abdur Rosyid(6)

(1) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(2) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(3) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(4) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(5) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(6) Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto
(*) Corresponding Author

Abstract

Penerapan dan pengembangan manajemen operasi saat ini menjadi salah satu kunci dalam kesuksesan proses bisnis perusahaan. Pendekatan manajemen oprasi dapat memberikan support dan pemecahan berbagai masalah dalam proses binis perusahaan, salah satunya permasalahan teori antrian.  Permasalahan antrian dapat terjadi diberbagai macam model bisnis. Pada perusahaan penyedia jasa dan retail sering terjadi permasalahan antrian dimana interaksi antara pelanggan dan penyedia layanan intensitasnya cukup tinggi. Supermarket Rita Pasaraya merupakan perusahaan penyedia jasa berupa retail segala jenis barang dan menjadi salah satu yang terbesar di kota Purwokerto. Hasil observasi awal menunjukan tingkat antrian pada Supermarket Rita Pasaraya memiliki tingkat sibuk yang tinggi pada waktu-waktu tertentu dan tingkat kesibukan server yang tidak seimbang. Tujuan analisis dan simulasi antrian untuk mendapatkan sistem antrian yang ideal dan menemukan faktor yang paling bepengaruh. Model antrian yang diterapkan adalah multi channel single phase. Teori antrian ini banyak dipengaruhi oleh berbagai macam faktor diantaranya yaitu pola kedatangan, pola kepergian, dan rancangan sistem pelayanan yang dilakukan.  Analisa didapatkan bahwa pelayanan pelanggan yang tertinggi terjadi pada pukul 15.30-16.00 WIB dengan jumlah rata-rata kedatangan sebanyak 9 orang dan pelayanan 9 orang. Penggunaan kasir server 4 dinilai tidak efektif dan dapat dihilangkan karena tingkat kedatangan pelanggan yang rendah, pelayanan yang jarang, dan kesibukan kasir rendah. Faktor rancangan sistem pelayanan dapat dilakukan perubahan dengan mengurangi 1 server menjadi 3 server, hal ini dapat mengurangi tingkat idle time dan meningkatkan efektivitas kinerja server 1, 2 dan 3

Keywords

Operation Management, Queue Theory, Service, Retail

Full Text:

PDF

References

Ahmed M.K dan Ali S. K. 2021. Applications of Queuing Theory and Discrete Event Simulation in Health Care Units of Pakistan. International Journal of Science and Engineering Investigations. Vol. 10, issue 109.

Andini R dan Astusi Y.P. 2021. Penerapan Teori Antrian Bongkar Muat Pada Docking Kapal Tanker. Jurnal Ilmiah Matematika. IX(2):437-446

Arighi, O.K. 2020. Analisis Sistem Antrian Kasir pada Toserba KPRI Arighi, O.K. 2020. Analisis Sistem Antrian Kasir pada Toserba KPRI Universitas Brawijaya Malang. VIII(2):1-17

Bittencourt, O., Verter, V., Yalovsky, M. 2018. Hospital Capacity Management Based on The Queueing Theory. International Journal of Productivity and Performance Management. Vol. 67 No. 2 pp. 224-238.

Daswa dan M. Riyadi. 2018. Analisis Model Antrian dan Simulasi pada Bank BNI 46 Cabang Universitas Kuningan. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika. Vol. IV, No.1, pp. 1-7.

Moshtagh, M., Fathali, J., & Smith, J. M. G. 2018. The Stochastic Queue Core Problem, Evacuation Networks, and State-dependent Queues. European Journal of Operational Research, 269(2), 730 – 748.

Peter O.P., Sivasamy, R. 2019. Queueing Theory Techniques and Its Real Applications to Health Care Systems-Outpatient Visit. International Journal of Healthcare Management. Vol. 14, Issue. 1, pp. 114-122.

Rahaman, A., Bello, A.H., Abdulganiyu, T.O., Eebo, E.A. 2021. Application of Queuing Theory: Analysis of Services of Grocery Bazaar (GB) Supermarket, Akesan, Lasu Igando, Lagos State. Nigeria. International Research Journal of Education and Technology. Vol. 01(05) : 60-88.

Rika, L., Linawati, L., Sasongko L.R. 2019. Analisis Proses Produksi Menggunakan Teori Antrian Secara Analitik dan Simulasi. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. VIII(01):09-17.

Rositawati, L., Rochmad, Kartono. 2022. Analisis Model antrian Multiserver pada Samsat Kabupaten Semarang. UNNES Journal of Mathematics. 11(1), 69-79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.