Rancang Bangun Sistem Rak Penetas Telur Otomatis Menggunakan Real Time Clock Berbasis Mikrokontroler Arduinio Mega 2560

Danar Zidni Ilman(1*), Arief Wisnu Wardhana(2), Daru Tri Nugroho(3)

(1) Universitas Jenderal Soedirman
(2) Universitas Jenderal Soedirman
(3) Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Penetasan telur adalah upaya hewan ovipar (termasuk didalamnya adalah ayam) dalam mempertahankan populasinya, yaitu dengan cara bertelur. Pada prosesnya penetasan bisa dilakukan dengan cara alami ataupun buatan dengan bantuan mesin penetasan telur. Prinsip kerja mesin penetas telur adalah tiruan dari keadaan alami proses pengeraman indukan terhadap telurnya. Maka dari itu alat penetas telur menyediakan berbadai kondisi layaknya pengeraman alami. Kondisi yang perlu diperhatikan salah satunya adalah pemutaran telur (Egg Turning) yang bertujuan agar embrio dalam telur dapat berkembang dengan semestinya hingga telur dapat menetas. Pemutaran telur dilakukan secara berkala pada frekuensi waktu tertentu. Untuk memudahkan pengoprasian mesin penetas diperlukan rancangan rak penetas otomatis. Tipe rak ayun digunakan karena metode ini yang umum digunakan pada mesin penetas skala industri. Untuk pergerakan rak ayun ini menggunakan aktuator linier elektrik yang dalam kerjanya memerlukan driver motor agar gerakan bisa bolak-balik. Pemicu driver motor menggunakan mikrokontroler arduino mega 2560 dengan input perwaktuan RTC 3231. Untuk memudahkan pengoperasian mesin penetas diperlukan rancangan rak penetas otomatis. Dalam peracangan tipe rak ayun menjadi pilihan karena metode ini umum digunakan pada mesin penetas skala industri. Untuk pergerakan rak ayun ini menggunakan aktuator linier elektrik yang dalam kerjanya memerlukan driver motor agar terdapat gerakan bolak-balik. Pemicu driver motor menggunakan mikrokontroler arduino mega 2560 dengan input perwaktuan RTC 3231.Terdapat 3 fitur otomatis yaitu diantaranya jeda sebagai interval waktu pergerakan rak, DayOn sebagai hari mulainya pemutaran telur, dan DayOff sebagai hari terakhir pemutaran telur.

Keywords

Mesin Penetas Telur, Rak Goyang (ayun), Aktuator linier elektrik, Driver Motor Relay, RTC (Real Time Clock).

Full Text:

PDF

References

B. P. Ferry, Membuat dan Mengelola Mesin tetas, III. Jakarta Timur: Penebar Swadaya, 2014.

H. Rudi, Rahasia Membuat Mesin tetas Berkualitas, VIII. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2020.

Supri, Sukses Menetaskan telur Unggas Hingga 90%. Jakarta Selatan: PT AgroMedia Pustaka, 2019.

W. Made and D. Gusti Ayu Mayani, “Bahan Ajar Manajemen Penetasan,†Bahan Ajar Manaj. Panetasan Univ. Udayana, pp. 1–39, 2017.

M. Manix Etwan, “MENETASKAN TELUR AYAM BURAS,†no. Mkb 7056, pp. 1–19, 2019.

D. Ebook, “A RESOURCE ON ELECTRIC LINEAR ACTUATORS,†no. 877.

Dallas, “RTC DS3231 Datasheet,†Data Sheet, p. 20, 2015, [Online]. Available: https://www.elecrow.com/download/DS3231.pdf

C. Charmis, “Relay Generates Back Electromotive Force,†GNS Components Limited, 2020. https://www.ictransistors.com/info/relay-generates-back-electromotive-force-51261176.html (accessed Jun. 05, 2022).

T. Ravi, “What is a Flyback Diode?†https://www.electronicshub.org/flyback-diode-or-freewheeling-diode/ (accessed Jun. 06, 2022).

Motorola, “BC546 BC547 BC548 NPN Transistor,†Current, pp. 1–6, 1996.

T. Data, “SEMICONDUCTOR PC817 1-CHANNEL TRANSISTOR OUTPUT TYPE PHOTO COUPLER,†vol. 4, pp. 5–8, 2016.

B. Merkmale, “LH 3364 3 mm ( T1 ) LED , Diffused,†pp. 1–7.

T. Y. P. Max and M. I. N. T. Y. P. Max, “Vishay Semiconductors High Efficiency LED in Ø 3 mm Clear Package WAVELENGTH TEST CONDITION SYMBOL PARAMETER TEST CONDITION SYMBOL PARAMETER TEST CONDITION PARAMETER TEST CONDITION,†pp. 1–8.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.