Model Sebaran Limbah Batubara di Rawa Kalimati, Kecamatan Babakancikao, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

Moch Ridfan Trisnadiansyah(1*), Mohamad Sapari Dwi Hadian(2), Emi Sukiyah(3)

(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author

Abstract

Limbah batubara merupakan limbah yang mengandung unsur logam berat dan dikategorikan sebagai bahan berbahaya dan beracun. Rawa kalimati yang terletak di Desa Cilangkap, Kecamatan Babakancikao berdekatan dengan aliran sungai citarum dan area persawahan warga. Selain itu, rawa kalimati juga berada di samping industri serat rayon yang memakai bahan bakar batubara untuk menunjang proses produksi. Hal ini menjadi potensi adanya pencemaran dan masalah lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebaran limbah batubara dan estimasi volume timbunannya sehingga langkah pemulihan fungsi lingkungan dapat berjalan dengan baik. Metode penelitian berupa pemboran inti dan pemboran tangan di beberapa titik lokasi, pengukuran permeabilitas dan pemodelan material timbunan ataupun batuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah batubara tersebar di area blok-blok timbunan, lapisan bawahnya tersusun oleh lempung dan lanau dengan ketebalan beragam dan bagian selatan pada kedalaman dasar bor terdapat akuifer di lapisan batupasir. Nilai permeabilitas tinggi berada di lapisan batupasir yang bertindak sebagai akuifer, sedangkan permebilitas rendah berada di lapisan lempung yang berada di atasnya. Hasil estimasi perhitungan volume limbah sebesar 88.118,26 m3 yang menempati area seluas 38.544,72 m2.

Keywords

Coal, Waste, Industry, Kalimati

Full Text:

PDF

References

Achdan, A. & Sudana, D. Peta Geologi Regional Lembar Karawang, Skala 1 : 100.000. Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi : Bandung. 1992.

Afrianita, R., & Dewilda, Y. Potensi Fly Ash Sebagai Adsorben Dalam Meyisihkan Logam Berat Cromium (Cr) Pada Limbah Cair Industri. Jurnal Dampak, 11(1), 67-73. 2014.

BPS Kecamatan Babakancikao. Kecamatan Babakancikao Dalam Angka 2020. BPS. Purwakarta. 2020.

Damayanti, R. Abu batubara dan pemanfaatannya: Tinjauan teknis karakteristik secara kimia dan toksikologinya. Jurnal Teknologi Mineral dan Batubara, 14(3), 213-231. 2018.

Fatharoni, N., Saputro, I. N., & Sumarni, S. Pemanfaatan Abu Terbang (Fly Ash) Pada Beton Non Pasir Ditinjau Dari Kuat Tekan Dan Permeabilitas Beton Untuk Green Pedestarian Road. Pendidikan Teknik Bangunan, 6(6). 2015.

Fitrianti, F. Pengaruh Lumpur Pemboran Dengan Emulsi Minyak Terhadap Kerusakan Formasi Batu Pasir Lempungan (Analisa Uji Laboratporium). Journal of Earth Energy Engineering, 1(1), 67-79. 2012.

O'Keefe, J. M., Bechtel, A., Christanis, K., Dai, S., DiMichele, W. A., Eble, C. F., & Wagner, N. J. On the fundamental difference between coal rank and coal type. International Journal of Coal Geology, 118, 58-87. 2013.

Pramanik, R. A., Purnomo, E. P., & Kasiwi, A. N. Dampak perizinan pembangunan pltu batang bagi kemajuan perekonomian masyarakat serta pada kerusakan lingkungan. KINERJA, 17(2), 248-256. 2020.

Indonesia, P. R. Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Sekertariat Negara : Jakarta. 2021.

Qomaruddin, M., Ariyanto, A., Istianah, I., & Zahro, F. Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Agregat Pada Mortar Geopolimer. Dinamika Rekayasa, 16(2), 121-126. 2020.

R. I., KLHK. Rencana Pemulihan Fungsi Lingkungan Hidup Lokasi Kalimati-Desa Cilangkap, Kecamatan Cilangkap, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Laporan Presentasi. 2019.

Sahal, M. Studi Potensi Sumberdaya Batubara di Desa Dowan Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang dengan Metode Geolistrik Tahanan Jenis. FMIPA: UNNES. 2013.

SNI2436. Tata Cara Pencatatan dan Identifikasi Hasil Pengeboran Inti. Badan Standar Nasional Indonesia : Jakarta. 2008.

Soetrisno, S. Peta Hidrogeologi Indonesia Lembar II Cirebon skala 1 : 250.000. Direktorat Geologi Tata Lingkungan : Bandung. 1983.

Wahyuni Ar, D. Implementasi Program Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Hidup Dalam Normalisasi Sungai Malinau Dari Limbah Batubara (Studi Di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malinau). Doctoral Dissertation, University Of Muhammadiyah Malang. 2019.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.