Implementasi Mail Server Dengan Roundcube Menggunakan Postfix di CV Surya Mandiri Cilacap

Nabilla Nanda Larasati(1*), Syariful Ikhwan(2), Eka Wahyudi(3)

(1) Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro,Institut Teknologi Telkom
(2) Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro,Institut Teknologi Telkom
(3) Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi, Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro,Institut Teknologi Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract

Memiliki perusahaan pribadi haruslah mempersiapkan segala sesuatu dengan baik dari segala aspek. Sebuah perusahaan akan sering melakukan komunikasi penting baik antar staff dan antar perusahaan lain yang memiliki ikatan kerja sama. Komunikasi yang sering dilakukan adalah mengirim dan menerima electronic mail / e-mail. Namun, lebih baik apabila perusahaan memiliki private mail sendiri daripada menggunakan e-mail yang digunakan secara publik. Maka dari itu salah satu aspek pembangunan yang diperlukan dari segi jaringan adalah mail server. Selain itu memiliki mail server pribadi lebih cepat dalam proses pengiriman serta penerimaan email karena traffic yang relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan mail server gratis dan publik. Tujuan dari penelitian ini untuk membangun sebuah sistem mail server yang bertugas menangani lalu-lintas email dalam suatu sistem jaringan komputer yang di implementasikan pada platform Linux yang free, handal dan stabil dalam menangani fungsi server menggunakan aplikasi MTA Postfix dan diterapkan secara langsung di CV. Surya Mandiri Cilacap. Penggunaan e-mail ini digunakan perusahaan untuk berkomunikasi antar perusahaan yang bekerja sama seperti berbagi file yang bersifat privasi serta memiliki keamanan tinggi

Keywords

E-mail, Private Mail, Mail Server, MTA Postfix

Full Text:

PDF

References

Anonim, E-mail Sejarah dan Pengertiannya,†Technology, 2017. [Online]. Available: http://www.votecamejo.com/technology/e-mail-inilah-sejarah-dan-pengertiannya/. [Diakses pada: 17-Feb-2020].

Wagito, Jaringan Komputer Teori dan Implementasi berbasis Linux. Yogyakarta: Gaya Media, 2007:32-37

Indah Anggun, Cara Kerja E-mail Server Beserta Pengertiannya, 2016. [Online]. Available: https://www.pro.co.id/cara-kerja-e-mail-server-beserta-pengertiannya/. [Diakses pada: 16-Feb-2020].

Anismaj, Install And Configure RoundCube Webmail On Ubuntu, 2015. [Online]. Available: https://www.unixmen.com/install-configure-roundcube-webmail-ubuntu/. [Diakses pada: 29-Jan-2020].

Ahmad F. B., Mengkonfigurasi Web Server menggunakan Roundcube di Debian 7, 2018.

A. Subawa, Perbedaan Webmail Horde, RoundCube, dan SquirrelMail, 2019. [Online]. Available: https://www.nawadwipa.co.id/perbedaan-webmail-horde-roundcube-dan-squirrelmail/. [Diakses pada: 29-Jan-2020].

Basorudin, Implementasi Mail Server Berbasis Squirrelmail Dengan Exchange Server Menggunakan Teknologi Virtualisasi di SMK Negeri 1 Pendalian IV Koto, J. Media Infotama, Univ. Pasir Pengaraian, 2018, 14 (2): 51-57.

M. A. Tahir, Membangun Mail Server Lokal Sebagai Media Komunikasi Antar Bagian Pada Rumah Sakit Khusus Provinsi Sul-Sel, 2016, 5(1):61-67.

Desmira, D. Sumarto, and R. Yuliani, Rancang Bangun Mail Server Berbasis Squirrelmail Menggunakan MTA (Mail Transfer Agent) Pada PT. Teras Inti Media, J. Prosisko, 2017, 4(2):55-59.

W. N. Hidayat, Membangun Mail Server Berbasis Linux Menggunakan Postfix, 2010.

G. D. Prakoso and H. R. Andrian, Implementasi Keamanan Server Zimbra Menggunakan SpamAssassin dan Whitelist Pada Linux CentOS 7, 2017, 3(3):1872-1882.

Mukhlis P. A., Implementasi Webserver Berbasis Linux, Tugas Akhir, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2011

Heru Prasetiawan, Perancangan Mail Server Zimbra Menggunakan Teknologi Virtualisasi Studi Kasus : Smk Pancakarya Kota Tangerang, Jurnal TAM, 2016,7(1):38-45

Muchlisin Riadi, “Pengertian, Layanan dan Parameter Quality Of Services (QoS),†2020. [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2019/05/pengertian-layanan-danparameter-quality-of-service-qos.html. [Diakses pada: 16-Apr-2020].

Refbacks

  • There are currently no refbacks.