Rancang Bangun Aplikasi Layanan Penyedia Jasa (Studi Kasus: Desa Sidakangen Purbalingga)

Lasmedi Afuan(1*), Nurul Ismailiah(2)

(1) Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Informatika, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Desa Sidakangen terletak di kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, di Desa tersebut terdapat banyak  layanan jasa yang disediakan. Permasalahan yang dihadapi masyarakat yang akan menggunakan layanan jasa di Desa Sidakangen adalah masyarakat tidak mengetahui secara lengkap dan pasti siapa saja dan dimana orang-orang yang menawarkan layanan jasa. Pemesanan jasa hanya dilakukan pada orang yang dikenal saja, dan sering kali sulit untuk menemukan layanan jasa yang dibutuhkan.  Penelitian ini mengembangkan aplikasi layanan penyedia jasa. Aplikasi digunakan untuk memudahkan pencarian layanan jasa, pendaftaran usaha jasa, dan pemesanan layanan jasa yang ada di Desa Sidakangen Kabupaten Purbalingga. Aplikasi yang telah dikembangkan merupakan aplikasi berbasis website. Penelitian yang dilakukan dalam pengembangan aplkasi terdiri dari beberapa tahapan yaitu analisis masalah, pengumpulan data, perancangan dan pengembangan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Pada tahapan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan obeservasi, sedangkan pada tahapan perancangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Implementasi aplikasi menggunakan bahasa pemrograman web yaitu Hypertext Markup Language (HTML), PHP Hypertext Preprocessor (PHP), Cascading Style Sheet (CSS), JavaScript, dan JQuery, sedangkan Database Manahement System (DBMS)  yang digunakan adalah MySQL. Tahapan pengujian aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode blackbox tesing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi yang telah dikembangkan dapat digunakan untuk melakukan pencarian layanan jasa, pendaftaran usaha jasa serta pemesanan layanan jasa di Desa Sidakangen, Purbalingga

Keywords

Service provider, waterfall, PHP, MySQL, CSS, Jquery

Full Text:

PDF

References

L. Afuan, I. Permadi, and N. Hidayat, “Rancang Bangun Aplikasi Berbasis Teknologi Wap Sebagai Media Promosi Komoditas Pariwisata Di Banyumas,†J. Telemat., vol. 2, no. 2, pp. 12–34, 2009.

L. Afuan, “Pemanfaatan Framework Codeigniter Dalam Pengembangan Sistem Informasi Pendataan Laporan Kerja Praktek Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Unsoed (Codeigniter Framework Used in Information System Development for Student’s Report Data Collection Prac,†Juita, vol. I, pp. 39–44, 2010.

R. S. Hidayat and A. Winarno, “Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Pada Hello Laundry,†Udinus, pp. 1–5, 2014, [Online]. Available: http://mahasiswa.dinus.ac.id/docs/skripsi/jurnal/14246.pdf.

R. Fauzi, S. Wibowo, and D. Y. Putri, “Perancangan Aplikasi Marketplace Jasa Percetakan Berbasis Website,†Fountain Informatics J., vol. 3, no. 1, p. 5, 2018, doi: 10.21111/fij.v3i1.1824.

A. Jamal and L. Yulianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir Menggunakan Barcode Reader Pada Toko Dan Jasa Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan,†J. Speed – Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 5, no. 3, pp. 45–54, 2013, [Online]. Available: http://ijns.org/journal/index.php/speed/article/viewFile/1192/1180.

Kamil, “Pembangunan Sistem Informasi Pelayanan Jasa Laundry Berbasis Web Dengan Fitur Mobile Pada 21 Laundry Padang,†Semin. Nas. Sains dan Teknol. Fak. Tek. Univ. Muhammadiyah Jakarta, vol. 8, no. November, pp. 1–9, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/172316-ID-pembangunan-sistem-informasi-pelayanan-j.pdf.

I. Septavia, E. Gunadhi, and R. Kurniawati, “Sistem Informasi Penyewaan Mobil Berbasis Web di Jasa Karunia Tour And Travel,†J. Algoritm., vol. 12, no. 2, pp. 534–540, 2016, doi: 10.33364/algoritma/v.12-2.534.

B. M. Ariyadi and Bahar, “Model Aplikasi Sistem Pelayanan Terpadu Pada Kantor Kelurahan,†Tek. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 877–1021, 2016.

A. D. Joanda, Y. Priyandari, and R. Zakaria, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Layanan Jasa Teknologi dan Kerjasama di Lembaga DEF,†J. Sist. Inf., vol. 13, pp. 103–109, 2017.

R. S. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7 Buku I, vol. 97, no. 7. Andi, 2010.

A. Nugroho, “Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data,†Andi, 2011.

A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Andhi Prasetio, Buku Pintar Pemrograman Web. Media Kita, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.