Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Analisis Lokasi Black Spot di Kabupaten Bogor

Levana Astarina(1), Gito Sugiyanto(2*), Eva Wahyu Indriyati(3)

(1) Teknik Sipil, Universitas Jenderal Soedirman
(2) Teknik Sipil, Universitas Jenderal Soedirman
(3) Teknik Sipil, Universitas Jenderal Soedirman
(*) Corresponding Author

Abstract

Salah satu masalah yang sering terjadi di jalan raya adalah kecelakaan lalu lintas. Selama tahun 2016, di Kabupaten Bogor tercatat 357 kejadian kecelakaan lalu lintas dengan jumlah korban meninggal dunia 195 jiwa. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis karakteristik kecelakaan lalu lintas dan menentukan lokasi black spot dengan metode Upper Control Limit (UCL) serta menyusun rekomendasi sebagai upaya penanganan lokasi black spot berdasarkan hasil audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh karakteristik kecelakaan lalu lintas dari tahun 2014-2016 berdasarkan bulan terjadinya, paling sering terjadi di bulan Mei pada pukul 00.00-06.00 WIB. Tingkat fatalitas korban kecelakaan didominasi oleh korban luka berat. Jenis tabrakan yang sering terjadi yaitu tabrakan depan-depan dengan kendaraan yang paling banyak terlibat kecelakaan adalah sepeda motor. Lokasi black spot yang diperoleh dengan menggunakan metode UCL yaitu Jalan Sentul-Kandang Roda, Jalan Tegar Beriman, dan Jalan Kemang-Kedungwaringin. Dari hasil audit defisiensi keselamatan jalan, rekomendasi yang dapat diberikan adalah (1) Jalan Sentul-Kandang Roda dan Jalan Tegar Beriman dengan memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 40 km/jam. (2) Jalan Kemang-Kedungwaringin dengan memperbaiki kerusakan pada perkerasan jalan dan memasang rambu batas kecepatan maksimum sebesar 30 km/jam

Keywords

kecelakaan lalu lintas, black spot, metode UCL, audit defisiensi infrastruktur keselamatan jalan

Full Text:

PDF

References

Badan Pusat Statistik. 2015. Kabupaten Bogor dalam Angka 2015. Kabupaten Bogor.

Sugiyanto, G. dan Fadli, A. 2017. Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas (Black Spot) di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan Universitas Negeri Semarang, Volume 19, No. 2, hal. 128-135.

Sugiyanto, G., Malkhamah, S., Munawar, A., and Sutomo, H. 2011. Estimation of Congestion Cost of Private Passenger Car Users in Malioboro, Yogyakarta, Civil Engineering Dimension, Petra Christian University, Surabaya East Java, Volume 12 No. 2, September 2010, pp. 92-97.

Sugiyanto, G. 2005. Optimasi Beban As Truk untuk Meminimalkan Biaya Transportasi dan Kerusakan Konstruksi Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Solo-Kartosura-Boyolali Provinsi Jawa Tengah). Jurnal Dinamika Rekayasa, Volume 1, No. 1, Februari 2005, hal. 21-28.

Sugiyanto, G., 2010. Biaya Kecelakaan Lalu Lintas Jalan di Indonesia dan Vietnam. Jurnal Transportasi FSTPT (Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi), Volume 10, No. 2, Agustus 2010, hal.135-148.

Kepala Unit Laka Lantas Kepolisan Resor Bogor. 2017. Wawancara dan Diskusi Internal. Kabupaten Bogor.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Prasarana Transportasi. 2005. Penanganan Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas: Pd.T-09-2004-B. Jakarta: Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Treat, J. R., Shinar, D., Tumbas, N. S., McDonald, S. T., Hume, R. D., and Meyer, R. E. 1977. Tri-Level Study of The Causes of Traffic Accidents. Washington: NTHSA.

Rafita, Y., Sartono, B., dan Sustyo, B., 2016. Identifikasi Lokasi Rawan Kecelakaan Lalu Lintas di Kota Bogor dan Penskoran Tingkat Kerawanan Ruas Jalan. Thesis. Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82845.

Sugiyanto, G., Fadli, A., and Santi, M.Y., 2017. Identification of Black Spot and Equivalent Accident Number using Upper Control Limit Method, ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, Volume 12, No. 2, January 2017, pp. 528-535.

Direktorat Keselamatan Transportasi Darat (DKTD). 2007. Pedoman Operasi Accident Black Spot Investigation Unit/Unit Penelitian Kecelakaan Lalu Lintas (ABIU/UPK), Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Direktorat Keselamatan Transportasi Darat, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Sugiyanto, G., 2017. The Cost of Traffic Accident and Equivalent Accident Number in Developing Countries (Case study in Indonesia), ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, Volume 12, No. 2, January 2017, pp. 389-397.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2005. Pedoman Audit Keselamatan Jalan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Mulyono, A. T., Kushari, B., dan Gunawan, H. E. 2009. Audit Keselamatan Infrastruktur Jalan (Studi Kasus Jalan Nasional KM 78-KM 79 Jalur Pantura Jawa, Kabupaten Batang), Jurnal Teknik Sipil, Volume 16, No. 3, hal. 163-174.

Unit Laka Lantas Kepolisian Resor Bogor. 2017. Data Kecelakaan Lalu Lintas Kabupaten Bogor Tahun 2014-2016. Kabupaten Bogor.

Sugiyanto, G., Mulyono, B. dan Santi, M. Y. 2014. Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Lokasi Black Spot di Kabupaten Cilacap, Jurnal Teknik Sipil Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Volume 12, No. 4, April 2014, hal. 259-266.

Sugiyanto, G. and Santi, M. Y., 2017. Road Traffic Accident Cost Using Human Capital Method (Case study in Purbalingga, Central Java, Indonesia), Jurnal Teknologi (Sciences & Engineering) Universiti Teknologi Malaysia (UTM), Volume 79, No. 02, pp. 107-116.

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2004. Geometri Jalan Perkotaan. Jakarta: Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2014 tentang Rambu Lalu Lintas. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2014 tentang Marka Lalu Lintas. Jakarta: Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Badan Standardisasi Nasional (BSN). 2008. SNI 7391-2008: Spesifikasi Penerangan Jalan di Kawasan Perkotaan. Jakarta: Badan Standarisasi Nasional.

Theoï¬latos, A. and Yannis, G. 2014. A review of the effect of trafï¬c and weather characteristics on road safety, Accident Analysis and Prevention, Volume 72, pp. 244-256.

Hosseinlou, M. H., Kheyrabadi, S. A., and Zolfaghari, A. 2015. Determining optimal speed limits in traffic networks, International Association of Traffic and Safety Sciences (IATSS) Research, Volume 39, pp. 36-41. doi:10.1016/j.iatssr.2014.08.003.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.