SISTEM MONITORING NILAI PROSES BELAJAR MENGAJAR PADA PROGRAM STUDI MENGGUNAKAN WEB SERVICE

Ramos Somya(1*), Suprihadi Suprihadi(2), Landhung Budhi Prasetyo(3)

(1) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(2) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(3) Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana
(*) Corresponding Author

Abstract

Program Studi (progdi) yang berada di Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana (FTI UKSW) saat ini belum memiliki sistem untuk melakukan penilaian terhadap proses belajar mengajar matakuliah (PBM). Proses pengelolaan data nilai mahasiswa UKSW menjadi tanggung jawab Biro Teknologi dan Sistem Informasi (BTSI). BTSI memberikan data nilai mahasiswa kepada Progdi dalam bentuk file excel.  Hal ini dirasa kurang efisien untuk proses monitoring nilai dikarenakan Kaprogdi tidak bisa mengontrol nilai dari file tersebut satu per satu. Salah satu cara untuk meminimalkan permasalahan tersebut adalah dengan membuat suatu sistem yang terintegrasi antara sistem client dan basis data BTSI. Sistem client dikembangkan dalam bentuk aplikasi web menggunakan framework CodeIgniter. Teknologi Web Service juga  diterapkan pada sistem tersebut agar integrasi dapat dilakukan di protokol HTTP  dan melalui internet. Jenis Web Service yang digunakan adalah RESTful Web Service yang memberikan kemudahan dalam pengaksesan melalui URL pada browser. Pada penelitian ini dirancang simulasi sistem monitoring nilai yang digunakan oleh pihak progdi untuk memudahkan proses pemantauan nilai belajar mengajar. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat digunakan oleh kaprogdi untuk monitoring nilai proses belajar mengajar.

Keywords

Sistem Monitoring, Web, Web Service, CodeIgniter, Nilai PBM

Full Text:

PDF

References

Sukmawani, R., 2014. Pedoman Pembelajaran dan Monitoring Evaluasi Pembelajaran. Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Hananto, V.R., Sukmaaji, A., and Widodo, A.P., 2012. Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkuliahan Kelas Berbasis Web (Studi Kasus STIKOM Surabaya). Jurnal JSIKA, Vol. 1, No. 1, pp. 1-10.

Allokendek, F.N., Soetikno, J., dan Ashari, A. 2013. Integrasi Database DISDUKCAPIL dan Database KPU Kabupaten Maros Memanfaatkan Web Services. Jurnal IJCCS, Vol. 7, No. 1, pp. 1-12.

Mardiani dan Gentisya, T. 2013. Sistem Monitoring Data Aset dan Inventaris PT Telkom Cianjur Berbasis Web. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika (KOMPUTA), Vol. 2, No. 1, pp. 35-40.

Widoyoko, S.E.P. 2007. Pengembangan model evaluasi pembelajaran IPS di SMP (Disertasi Program Pasca Sarjana Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta).

Slamet. 2005. Sistem Monitoring Sumber Daya Hardware Berbasis Web Untuk Public Cluster LIPI (Skripsi, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Indonesia).

UKSW. 2012. Peraturan Penyelenggaraan Kegiatan Akademik Dalam Sistem Kredit Semester Universitas Kristen Satya Wacana. SK No. 168 / KEP./ REK. / V/.

Adi, N. dan Khabib, M. 2011. Perbandingan Antara “BIG†Web Service Dengan Restful Web Service untuk Integrasi Data Berformat GML (Skripsi Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.