Rancang Bangun Alat Penurun Suhu Tubuh Berbasis Pada Sistem Refrigerasi Kompresi Uap

Ferry Sugara(1), Karsid Karsid(2*)

(1) TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU
(2) TEKNIK PENDINGIN DAN TATA UDARA POLITEKNIK NEGERI INDRAMAYU
(*) Corresponding Author

Abstract

Kompres merupakan salah satu media untuk meringankan rasa sakit pada tubuh manusia. Kompres dingin adalah media yang dapat memberikan rasa dingin untuk memenuhi kebutuhan rasa nyaman, mengurangi atau membebaskan nyeri, mengurangi atau mencegah spasme otot dan memberikan rasa dingin pada daerah tertentu. Kompres yang digunakan menggunakan bahan gelatine (jelly) yang di kemas dengan plastik, didalam kompres tersebut dipasang selang yang dialiri air dari kabin evaporator dan kondensor sehingga kompres tersebut dapat dingin dan juga panas. Model pendinginan yang digunakan dalam penelitian ini adalah system siklus kompresi uap (vapour compression cycle), Dimana Sistem pendingin yang dirancang untuk kompres ini menggunakan sistem refrigerasi kompresi uap dengan kabin transparan berinsulasi. Dari penelitian didapatkan bahwa temperatur untuk kompres panas yaitu 43°C dan untuk kompres dingin yaitu 18°C. Total beban pendinginan dari rancangan ini sebesar 125,86 Watt. Nilai  Coefficient Of Performance (COP) dari alat ini yaitu 6,2 untuk COP carnot dan 4,7 untuk COP aktual kemudian nilai efisiensinya sebesar 76%. Kapasitas pendinginan alat ini sebesar 844 watt dengan daya yang dibutuhkan 144 watt.

Keywords

Cold Compress, on-off control, vapor compression cycle

Full Text:

PDF

References

Alves (2008)“Tepid Sponging Plus Dipyrone Versus Dipyrone Alone in Reducing Body Temperature in Febrile Childrenâ€.Volume 11, Number 6.

Edwards, Helen E. 2005. Fever Management Practice : What Paediatric Nurses Say. Nursing

Kelly, Greg. 2006. Body Temperature Variability (Part 1): A Review of the History of Body Temperature and its Variability Due to Site Selection, Biological Rhythms, Fitness, and ging. Alternative Medicine Review. Volume 11, Number 4.

Potter, P.A Perry A.G. 2005. fundamental of Nursing, Edisi 4.Volume 2. Ahli Bahasa: Renata Komalasari. Jakarta: salemba medika

Purwanti, S., & Winarsih, N.A. (2008), Pengaruh Kompres Hangat Terhadap Perubahan Suhu Tubuh Pada Pasien Anak Hipertermia di Ruang Rawat Inap RSUD. Dr. Moewardi Surakarta. Berita Ilmu Keperawatan Issn 1979-2697, Vol. 1. No. 2.

Stoker, M., 2009. Measuring temperature. Journal Anesthesia and Intensive Care. Elsevier.

Susanti Nurlaili, (2012). Efektifitas Kompres Dingindan Hangat Pada Penataleksanaan Demam. Sainstis. Volume 1, nomor 1, april – september 2012 issn: 2089-0699

Tamsuri, Anas, (2006), Tanda-Tanda Vital Suhu Tubuh. Jakarta: EGC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.